Archive for February 2nd, 2010

2nd February
2010
written by admin

Hmm, hari ini q bangun dgn perasaan yg sangat luaarrrr biasaaa!!!!
Berhubung kemarin ketiduran, HP q nggak sempat q matiin.
Eh, pagi2 waktu lihat HP, udah ada 7 sms yg masuk.
Walaupun mata masih belum bisa terbuka lebar, q mulai baca sms satu2.
Mulai dari sms sharing tmnku yang q tinggal tidur (hehe, maap.. ketiduran..), sms pembicaraan yang belum selesai, sms ucapan met malam, sampai pada 1 sms yang bikin q loncat dari tempat tidur!
Yeahhh, isinya yaitu sms dari ibu gembala satelitku yang mengabarkan buat datang ke pertemuan di kantor PAW..
Q langsung ingat2.. Kemarin ibu gembalaku ini bilang kalau dari satelit q, cuma diambil 2 pemain musik untuk melayani di MS Youth Army of God yang bakal berlangsung mulai Maret 2010 hingga 1 tahun ke depan.
Waktu denger itu q sempet kaget juga, kok dikit banget yah.. Wah, pasti 2 orang itu hebat banget!
Dan tadi pagi waktu q  baca sms itu, hanya ada 2 nama. Namaku dan nama seorang lagi.
Q bener2 nggak nyangka.. Ternyata 2 orang yang disebutkan itu salah satunya adalah q!
Detik itu juga lagi2 q bener2 merasakan bahwa it just by grace! Q bener2 nggak layak untuk itu…
Bukan berarti yang lain nggak mendapatkan grace itu, tapi q percaya bahwa Tuhan sudah menyiapkan  dan menempatkan semua orang pada bagian mereka masing2 di mana mereka bisa berfungsi secara lebih maksimal.

Q hanya minta ke Tuhan, kalo Tuhan yang pilih q untuk melayaniNya di MS Youth Army of God, q mau Tuhan yang jagai hati dan pikiranku.
Q nggak mau  motivasiku jadi salah dalam pelayanan. Q nggak mau menganggap sebagai beban atau justru sebagai kesempatan untuk menunjukkan diri. NO!
Dan q percaya Tuhan yang akan semakin memperlengkapi  lebih lagi.

Nggak bisa dipungkiri, kadang rasa bangga itu muncul waktu qta nerima sesuatu yang jauh lebih besar dari yang qta bayangkan. Bahkan kadang juga sempat merasa terbebani karena merasa nggak layak dengan kepercayaan itu.. huff…
But, I realized that those are not from GOD…
Q mulai koreksi diri, apakah semua yang q lakukan bener2  for HIS glory or just for my own glory… hmm…
Dan  jujur, kadang q temukan bahwa q ikutan ‘nebeng’ dalam kemuliaan itu.. argghhh!!! I hate this side of me!

Seperti yang pernah q alami dulu.
Waktu dapat ranking 1 di kelas  XI dan masuk ranking paralel, q seneeeeeng banget!
Temen2 mulai respect bahwa nggak nyontekpun q bisa dapetin nilai terbaik..
Tapi q mulai  terbebani dengan hal itu, q mulai menganggap bahwa selama ini semua itu hasil  usaha q sendiri.
Q mulai takut kehilangan ranking itu dan akhirnya…  What I scared about is  happened to me!
Di semester 2 kelas XI q nggak lagi masuk ranking paralel, bahkan peringkat q merosot drastis jadi peringkat 6 di kelas!! Oh nooo…. Padahal semester 2 itu q lebih rajin belajar daripada semester 1, hanya demi mempertahankan ranking itu.
Puji Tuhan, nggak perlu waktu lama untuk menyadari semua kesalahan itu.
Q mulai disadarkan lagi bahwa orang yang mengandalkan Tuhan itu jauh lebih beruntung daripada orang yang hanya bergantung sama kemampuannya sendiri.
Akhirnya, Tuhan kembalikan lagi semuanya di kelas XII… 🙂
Terima kasih Tuhan…

Yah, qta memang masih perlu banyak belajar lagiii dan lagiii…
Satu hal yang harus qta ingat dan lakukan baik2… BE HUMBLE….
It just by grace

Thanks Jesus… 🙂

2nd February
2010
written by admin

New experience, new lessons, new friends, a PRECIOUS MOMENT!
Yah, itulah kesan2 yg q dapat selama camp di gunung Tabor, tgl 28-30 Januari 2010 lalu..

Jujur aja, sebelumnya q ngerasa beraaattt banget buat ikutan camp ini. Apalagi kalo membayangkan ntar makannya gimana, tidurnya gimana, mandinya gimana.. dan lain-lain…
Tapi, beberapa hari sebelum hari H, q mulai mengubah cara pandangku, yah… menyemangati diri sendiri lah..hehe
Nah, berhubung campjur ini berkesan banget buat q, nggak mungkin kan kalo q simpan n pendam dalam ingatanku sendiri aja.. So, it’s time to share!

DAY 1

Waktu sampai di kampus, qta langsung disuruh bikin barisan sesuai kelompok sama kakak2 panitia..
Sambil bikin barisan itu, q mulai ngliat ke kanan-kiri, tas karung beras temen2 yang lain gede2 n niiaatt banget bikinnya..(beda banget sama tas ku yang kecil, n bentuknya sama dengan karung beras aslinya, cuma ditambahin tali n kretekan aja… hehehe…)
Sebelum berangkat, qta semua diajak nyanyi n main2 dulu. Selain itu, qta semua juga diajari lagu2 ‘wajib’, yaitu lagu duduk dan lagu makan.
Lagu duduk: “ngguh ji ngguh be lungguh siji lungguh kabeh” dinyanyiin sambil goyang2 pinggul..
Berhubung semua pada ngelakuin gerakan yg sama, jadi kadar maluku sedikit berkurang. hehe…
Nah, habis doa, qta makan pagi BERSAMA..
Di sini, kata2 ‘bersama’ adalah benar2 BERSAMA…
Setiap kelompok duduk melingkar, di tengah lingkaran itu sudah tersedia 1 tampah beras dengan nasi dan lauknya.
Qta semua makan langsung dari tampah beras itu pakai sendok yang udah tersedia.
Pertama kalinya melakukan hal kayak gini, q bener2 nggak kuat deh.. Tapi makanannya harus habis demi terhindar dari rekap.. Akhirnya dengan memaksakan diri, qta semua makan sampai habis. Yeiyy..! haha..

Benar2 makan bersama 😀

Habis makan, qta siap2 berangkat. Naik truk yang isinya 45 orang, q bersyukur bisa dapat tempat duduk di luar, di dekat pintu truk. Perjalanan yang memakan kira-kira 3 jam itu nggak terasa membosankan cz q ketawaaaaa terus sama tmnku. hehe..

Hari pertama agak nge-bete-in cz hujan turun pas qta lagi penyisiran di lapangan apel.
Untung nggak lama setelah itu qta semua dipindah ke pendopo cz hujan semakin deras.

Setelah penyisiran, qta langsung menuju ke barak masing2 n siap2 mandi.
Melihat kondisi yang nggak seimbang antara jumlah kamar mandi, jumlah orang, dan lama waktu, akhirnya 1 kamar mandi diisi beberapa orang dan harus mandi dalam waktu sesingkat2nya.
Wahhh, lagi2 untuk pertama kalinya q harus mandi bareng2 sama teman.. 😛

Setelah waktu mandi selesai, qta semua mengikuti sesi-sesi di aula.. kemudian lanjut makan malam BERSAMA..
Di hari pertama ini juga ada acara api unggun. Jujur aja, q takut sama api, jadi agak ngeri waktu ngliat api unggun, hehe.. Apalagi setiap ketua kelompok harus megang 1 batang kayu yang kemudian dinyalain api sambil bikin lingkaran di deket api unggun.
Setelah itu qta nyanyi2 n berakhir dengan renungan malam.
Kemudian lanjut TIDURRRR…

Berhubung q ga bawa sleeping bag (cuma bawa selimut aja…), jadinya q ga bisa tidur.. Keras banget alasnya! Badanku sakit semua. Akhirnya q ‘tidur’ duduk deh… hmm…

DAY 2

Pagi2 suara sirine dari kakak2 panitia plus teriakan: BANGUN.. BANGUN.. bikin tmn2 sekamarku melompat dari tidur mereka n langsung lari2 ambil sikat gigi. Setelah sikat gigi, qta ngumpul ke lapangan apel n mulai senam pagi. Kemudian berlanjut dengan makan pagi BERSAMA.

Nah, hari kedua ini adalah hari yang paling seru cz ada acara outbond.
Di outbond ini, kelompokku dan kelompok teman baikku, Lie Chen, berhasil bertahan di game penentuan untuk 2 kelompok yang mendapat kesempatan pertama untuk memulai perjalanan.

20038_103532806340992_100000528190507_93544_7135827_n

Barisan Maba 😀

Ok, now let’s start!

Pos pertama dimulai dengan permainan getek2an.

Perjuangan di sungai 😀

Permainan ini mengharuskan qta mengiring sebuah bambu di sungai sampai ke garis finish. Tapi, setiap anggota kelompok harus terus berada bersama dengan kelompoknya.
Nah, di sungai ini q sempet hanyut karena terseret arus yang deras. hehe…
Kalau orang lain teriak2 minta tolong, q beda.. Q  memilih pasrah. hahahaa…
Cz q nggak berani buka mata ataupun  buka mulut. Q juga nggak berani ambil nafas cz nggak tahu masih di dalam air atau udah ada di permukaan. Puji Tuhan, tmn2 sekelompokku menyadari kalo q keseret arus. Akhirnya mereka nolongin deh, bahkan sempet ada yang ikutan tenggelam juga.. hehe.. Thx yah teman2.. Maafkan bu ketu mu yang tdk berdaya di air ini.. hahaa… 😛
Akhirnya qta sampai finish duluan, n menang… Hore!! hahaha…

Pos kedua kita mesti mengisi pipa berlubang dengan air, sambil menutupi lubang-lubang itu buat ngeluarin bola pingpong yang ada di dalamnya. Kelompokku bahkan bukan hanya menggunakan gayung yang udah disediakan, tapi juga melepas sepatu buat ngambil air. haha..
Bola pingpong itu akhirnya keluar. Tapi sayang, akibat kekonyolan, qta masukin bola itu lagi ke dalam pipa. hahahahaaa…..

Siram siram...

Berhubung kelompok lawan juga kalah, akhirnya kita dihukum.
Setiap kelompok duduk melingkar di dalam sungai n menyanyikan lagu Hymne Petra sama2. hehe…

Tim Lawan 😀

Tapi hukuman belum selesai.. Ada bonus buat ketua kelompok, yaitu rambut diberi mahkota lumpur. Argghh…!!!

Dianugerahi mahkota tanah, grrr..

Pos 2 selesai, menuju ke pos 3..
Di pos ini, setiap ketua kelompok diberi instruksi n kemudian melanjutkan instruksi tersebut ke setiap anggota kelompok. Di pos ini, permainan dibagi menjadi 3. Yang pertama merayap di jalur yang udah ditentukan dengan saling berpegangan ujung kaki teman yang di depan. Kedua, melewati ban tanpa boleh ada anggota badan yang menyentuh ban. Dan yang ketiga, mengapit bambu bareng2 sampai ke garis finish.
Di permainan pertama, qta saling menyeret teman2 yg hampir sampai di garis finish biar lebih cepat. Terus di permainan ban itu, qta gendong-menggendong. Di sini bener2 kepercayaan pada teman diuji. hahaa..
Lalu permainan ketiga bener2 butuh keseimbangan dan kekompakan.
Walaupun kelompokku sempat kalah cepat di permainan ban, tapi di permainan ketiga qta berhasil sampai lebih dulu di garis finish. Yeeeeiiy!!! hahaha… Menang lagi deh… 🙂

Perjuangan lolos dari ban, hahaha 😀

Berlanjut ke pos 4. Qta melewati medan yang cukup berat, selain licin dan curam, kadang juga jalannya sempit banget cz di kanan-kiri jurang. Selain itu qta juga mesti nglewati jembatan bambu.
Pos 4 cukup mudah, qta cuma diminta menyanyikan Hymne Petra.

Naik naik naik ke bukit.. 😀

Setelah itu ke pos bayangan. Di pos ini qta beristirahat, refill minuman.. Nah, di sini qta mulai ngobrol2 satu sama lain. 🙂

Sesudah beberapa lama istirahat di pos bayangan qta lanjut ke pos ke-6.
Di pos ini lagi2 qta masuk sungai. Permainannya yaitu mengambil bola yang dilempar di dalam sungai menggunakan gelas plastik yang udah diikat di kepala. Nggak semua ikut ngambil bola dengan gelas plastik. Ada yang bertugas mengambil bola2 yang nggak berhasil ditangkap.
Nah, di sungai ini, ternyata ada 4 orang teman yang buang air kecil! Mereka ngaku setelah outbond selesai.
Padahal q sempet cuci muka pake air itu.. Oooo tiiidddaaakk!!!!! hahahahaa…
Di pos ini, kelompokku kalah dengan kelompok lawan.
Selesai main, qta makan siang. Untuk pertama kalinya di campjur, qta makan siang sendiri2 walaupun  tetap bersama-sama. Ngerti kan? hahaha…
Selanjutnya qta menuju pos terakhir. Pos terakhir ini menuntut qta untuk bekerja sama dengan kelompok lawan.
Qta harus melindungi bendera masing2 dari lemparan air sampai ke tempat yang ditentukan.
Kelompok qta akhirnya berhasil melindungi bendera dengan cara dibungkus plastik yang disediakan. hahahaa… Jadi waktu itu plastik bukan qta gunakan buat ngisi air untuk menyerang balik, tp untuk melindungi bendera.. Ciamik juga ya! 😀

The last battle

Yahhh… Akhirnya outbond selesai… 🙂

Sambil nunggu kelompok2 lainnya, qta ngobrol2 panjang lebar sampai tulang linu semua.
Cz dari basah, kering, basah lagi, kering lagi, sampai ke basah lagi. hahaha..
Meskipun capek, tapi harus diakui kalau outbond kali ini bener2 seru n bener2 menguji kebersamaan kelompok!

Tim saya 😀

Selanjutnya mandiiii…
Mandi bareng2 lagi.. Kali ini mandi bertiga.
Meskipun tingkat kekotoran tinggi, qta tetep hrs mndi secepat mungkin. Akhirnya sampai ada temenku yg buang air kecil berdiri, sambil mandi gitu. Astagaaaaa…
Habis keramas, rambut q keringin pake handuk n sekaligus disisir pake handuk. Habis, kan ga boleh bawa sisir…
Tapi ternyata ga jelek2 amat kok. 😛

DAY 3

Hari ketiga ini dimulai lebih cepat cz qta dibangunkan kira2 jam 3 pagi. Yahh, kakak2 panitia menyampaikan kekecewaan gitu deh… hehe…
Pas sesi “EMOSI” (bisa dibilang gitu deh… hahaaha..), semua ketua kelompok ditanya apakah sudah merasa berhasil jadi ketua yang baik. Karena q merasa belum berhasil, q maju deh bersama beberapa ketua kelompok lainnya yang juga merasakan hal yang sama seperti q.. Tapi jujur aja, bahkan selama camp berlangsung q masih merasa nggak pantas benernya buat jadi ketua kelompok. Cz q sendiri awalnya berat banget sama acara ini.. Ditambah lagi, q bukan  ‘superwoman’.. hehehe…
Temen2ku aja banyak yang bilang, q kaget kok kamu jadi ketua.. Hmm, sempet ngerasa nggak enak juga sih kalo dibilang gitu.  Seperti nggak dipercaya aja..

Tapi semua perasaan itu hilang sewaktu q lagi ngomong2 sama beberapa angota kelompokku.
Mereka nanya ke q, ngapain q maju. Menurut mereka, q udah berhasil jadi ketua kelompok.
Terus q jelasin, yah cz q ngerasa belum berhasil aja. Q nggak pernah mengkoordinasi dengan gimana gitu, malah cenderung lemah lembut sekali. hehehe..
Tapi menurut mereka, semua itu udah cukup. Yah, lega banget denger mereka bilang gitu.  🙂
Jadi ketua kan nggak harus keras, tapi juga bisa dengan lemah lembut. hahahaa….

Well, di hari ketiga ini kakak2 panitia mulai menunjukkan keramahan yang luar biasa. haha..
Yah, kan udah hari terakhir, jadi ya mulai mengeluarkan image asli deh…
Hari ketiga ini terasa lebih ceria. Makan bersama mulai lebih menyenangkan cz qta nggak harus makan dengan cara2 sebelumnya. Mulai normal deh pokoknya..
Acara talent show juga seruuuu abisss!!! Kekreatifan anak2 fikom bener2 ruaaarrr biasaaa! hahaha…

Akhirnya, saat yg ditunggu2 datang juga…
PULANGGGG….
Meskipun seruuu n nggak terlupakan, cukup sekali aja deh campjur nya…
Cz ga pernah bisa tidur sih selama di sana! hahaha…
🙂

Unforgettable battle 😀

MISS JESUS so much….. >.<

*sumber foto: Facebook Fikom Camp Petra 
Instagram